Sunday, May 26, 2013

Bebek H. Slamet


Suatu siang yang super panas, kemudian entah darimana tiba2 kepingin makan bebek goreng. Dan yang terlintas tak lain dan tak bukan adalah Bebek Goreng H. Slamet di Jalan Panjang karena lokasinya yang terdekat dan mudah dijangkau. Bersama dengan seorang teman, R, kami berdua segera meluncur ke lokasi. We're so ready to make this sunny afternoon even hotter!

Sampai di lokasi, walaupun dari luar terlihat kecil, ternyata bagian dalam restoran ini cukup luas dengan deretan meja dan kursi panjang. Udara panas siang itu coba diredakan dengan kipas angin yang menempel di dinding hampir setiap meja. 

Tak lama setelah kami duduk, seorang akhirnya menghampiri meja kami dan menyerahkan menu dan dengan sabar menjawab pertanyaan kami soal berbagai makanan yang tertera di menu. Walaupun namanya restoran bebek, tapi disini juga menyediakan ayam, jadi bagi yang gak suka bebek, masi ada alternatif. Akhirnya saya dan R memilih menu paket bebek goreng, nasi, lalap, tempe mendoan dan sambal korek seharga 23rb ditambah 2 gelas es teh manis untuk kami berdua. Gak lupa juga titip pesen sama pelayannya kalau kami mau bebeknya digoreng kering (mencegah supaya bebeknya gak alot)

Setelah menunggu beberapa lama kemudian pesanan kami disuguhkan di atas meja dan bebeknya digoreng sesuai dengan keinginan kami.


Nasi panas dan bebek yang baru saja digoreng kering disantap dengan lalap dan sambal korek yang terkenal pedas itu melengkapi siang kami. Rasa pedas dari sambal korek membuat kami sulit untuk berhenti makan, sampai-sampai R memesan nasi tambah. Sambal korek ini mirip sambal matah, isinya cabai dan bawang yang digoreng dan tentunya rasa pedasnya luar biasa bikin nangis. Buat yang gak kuat pedes, disarinin makan bebeknya pake kecap manis aja, jgn coba makan sambelnya. hehe.


Untuk bebeknya sendiri kami memilih bagian dada, dan digoreng kering membuat bagian kulitnya krispi/garing, daging bebeknya pun empuk dan mudah dilepaskan dari tulangnya. Didampingi dengan daun kemangi, daun pepaya dan potongan timun sebagai lalap dapat mengurangi efek rasa pedas dari sambal koreknya.

Bebek goreng H. Slamet ini ada beberapa cabang, dan ternyata enggak semua cabang saling terhubung dalam 1 jaringan kepemilikan yg sama. Seperti misalnya cabang ini berbeda kepemilikan dengan bebek H. Slamet yang ada di jalan Prof. Dr. Satrio maupun yang terdapat di jatiwaringin. Masing-masing mengklaim sebagai cabang asli, tp sampai sekarang pun saya masih bingung yang mana sebenarnya yang asli. Anyone knows which one?

Bebek Goreng H. Slamet Address:
Jl. Panjang Raya No. 9, Kelapa Dua, Kedoya
Tel: (021) 5330640 | (021) 5330641  

Open Mon–Sun 9:00 AM–10:00 PM

Tuesday, May 21, 2013

Union: Union made is well made they said

It was a Thursdate with my two dancing mates, S and N. Masing-masing berangkat dari kantor dan janjian ketemu di Union, Plaza Senayan. Tempat hangout super hype selama 2tahun terakhir ini. Dan emang dasar kalo gak macet namanya bukan Jakartam it took almost more than 30 minutes for N to get to Plaza Senayan from Ratu Plaza.
I was the first to arrive from the three of us, and FYI i was on time, got there by exactly 6.30PM. And as always, Union was full almost every time i went there, so even i already made the reservation for 6.30PM, i still have to wait around 30 minutes to get my table.

Selalu suka sama atmosphere disini. Sebelumnya kesini selalu sore sekitar jam 3an, tp yang kali ini dateng pas jam dinner (dimana kalau di Union, setiap jam lunch dan dinner diharuskan untuk reservasi terlebih dahulu) dan ternyata suasana malam bikin suasana di Union jadi tambah romantis. Kali ini merupakan kali ketiga gw kesini, and in my previous visits i only ordered desserts and drinks, so in this visit i promise my self to have dinner. Gak lama kemudian S sampai dan kami memutuskan untuk mesen minuman dulu sambil nunggu N sampai. Saya memesan Grand Wedding TWG Tea dan S memesan Peach Ice Tea.
Grand Wedding TWG Tea (30k)
Suka banget sama TWG Tea varian yang ini, teh dengan wangi buah-buahan. Dan untuk gula nya boleh pilih yang biasa atau yg diet sugar.

Lychee Ice Tea(25k)
Pernah minum ini visit sebelumnya, rasa peach dalam teh nya cukup strong, dan dikasih potongan buah peach nya juga. Dimana kalau menurut saya sih kalau peach tea itu belum afdol kalau tidak ada potongan buah peach di dalamnya.

Karena N masi kejebak macet kemudian dia menelpon saya untuk minta dipesenin Lychee Ice Tea duluan, kayaknya dia udah haus berat gara-gara macet yang super lama itu. Gak lama setelah minuman kami datang, finally N arrived dan begitu duduk dia langsung menyeruput Lychee Ice Tea-nya, padahal saya belum sempat mengambil foto minumannya.

Berhubung sudah lengkap, kami yang emang udah kelaperan langsung memesan makanan. And it seemed that we're so into pasta that night, all of us ordered pasta. 2 Seared Scallop Aglio Olio Spaghetti for me and S, and Roasted Mushroom Spaghetti with White Truffle Cream for N. Setelah kita order makanan, gak lama kemudian kita disuguhkan complimentary bread ditemani dengan butter buat cemal-cemil sambil nunggu makanan dateng.

Complimentary Bread
Complimentary bread-nya berupa French bread dan disajikan cukup hangat. Rotinya lembut dan dimakan dengan butter saja sudah cukup enak.

Roasted Mushroom Spaghetti, White Truffle Cream
Seared Scallop Aglio Olio
Untuk seasoning Aglio Olio sudah pas, hanya sayang banget scallopnya kurang di-seasoned, jd rasanya hambar dan membuat kenikmatan pasta ini berkurang :(
Chocolate Souffle
Union terkenal sama Red Velvet Cake nya yang katanya setiap hari sold out bahkan sebelum jam tutup restoran. Dan memang sih red velvetnya the best so far (in my personal opinion). Selain red velvetnya, Chocolate Crunch Pie nya juga tidak kalah enaknya. Dan kali ini saya penasaran sama Chocolate Souffle nya yang disajikan dengan Caramel Ice Cream karena baca review dari salah satu blogger. Jadilah saya kemudian pesen souffle, dan ternyata rasanya memang enak dan gak bikin eneg. Pas sampe di meja, souffle nya masih panas, dan es krim caramelnya juga enak dan pas bgt buat ngedampingin soufflenya

And so far for me, Union is definitely a great place to hangout, to have desserts and drink, but not a place to eat. Will be coming back to try their other cakes 

UNION
Plaza Senayan Courtyard Ground Flr.
 Jl. Asia Afrika No. 8
Jakarta
Reservation : +6221.5790.5861 / +6221.5790.5862
BAKERY : +62 21 5790 5863
EMAIL : info@unionjkt.com

Tuesday, May 14, 2013

Parc19 Bistro Terrace Kemang

Hello again, another pending review.

Last 2 week, me and my friend, A, decided to have our haircut at our favorite salon, Dido Salon Bangka. After waited for hours for the rain to stop, finally we got there at 4PM (we planned to get there by 11AM! blame on the rain!) Why we like it here? Terhitung murah buat kelasnya. Yang potong ya ownernya langsung, Mas Dido. Setiap kesini selalu ketemu minimal 1 artis sih, jd asumsi saya salon ini udah cukup terkenal, bahkan ada customer dr Bandung yang bela-belain balik jakarta cuma demi potong rambut di Dido kemudian malemnya balik lagi ke Bandung. Harga potongnya 100rb, udah termasuk cuci, potong, blow, hair tonic. Mas Dido orangnya baik banget dan ramah. Setelah coba sana-sini ya emang salon ini sih yang cocok di hati, mata dan dompet :)

Nah kebetulan salah seorang teman saya, M, ngajakin nongkrong. Lokasi doi di daerah Bintaro, dan kebetulan krn saya ke salon di deket Kemang, jadilah kemudian kita berdua janjian ketemuan di Parc19, dan karena selesai nyalon lebih cepat dari yang saya perkirakan, akhirnya saya ajakin pula si A buat ikutan nongkrong dulu.
Kalau dari arah Jl. Bangka, Parc bisa dicapai dengan mengarah ke kfc kemang, terus belok kiri stelah hotel grand kemang, gajauh dari belokan itu ntr Parc19 ada di sebelah kiri, sebrangnya Umbra.

Berikut pemandangan dari dalam restoran:

Bar
Front view from the inside
Ada area Non-smoking yaitu sofa atas dekat pintu masuk, sisanya smoking. Kemudian ada area outdoor / Garden dan kayaknya itu area all smoking sih. Berhubung kesini pas weekend, sepertinya lain kali butuh banget buat reservasi sebelumnya, karena begitu sampai sana almost all the table were reserved. Sisanya tidak sampai 10 meja, termasuk area outdoor.

Menu
Setelah mengalami kebingungan yang cukup lama melihat-lihat menunya, akhirnya saya dan A memutuskan buat memesan starters aja karena belum begitu lapar. Jadilah kemudian kami memesan Parc19 Hot Chicken Wings, yang bisa cukup dibayangkan layaknya chicken wings pada umumnya pasti ukurannya kecil, tapi begitu sampai di meja.... ternyata ukurannya besar banget! Isinya ada 3 potong chicken wings yang disajikan dengan saus tar-tar. Karena ukurannya yang besar, seporsi chicken wings ini kelihatan seperti ayam bakar mini. Daging ayamnya juicy,bumbunya berasa banget, dan rasanya manis-pedas.

Parc19 HOT Chicken Wings (55k)
 Enggak lama setelah makan sepotong Chicken Wings nya, perut si A tergelitik buat mesen yang lebih berat. Akhirnya dia mesen Pollo Pesto al funghi, pastanya boleh pilih antara penne, angel hair, spaghetti, fettuccine, dll. Untuk rasa pasta ini sendiri rasanya lumayan, generous chicken chunks and mushroom, but unfortunately, too oily. Begitu sudah tinggal setengah porsi, terlihatlah kubangan olive oil di dasar piring. si A bahkan tidak bisa menghabiskan seporsi pasta ini karena porsinya yang besar, dan juga karena kubangan minyaknya bikin enek.
Pollo pesto al funghi (70k)

Peach Ice Tea
Untuk minumnya sendiri saya memesan Peach Ice Tea (my all time favorite beverage, everywhere!) dan Chocolate Milkshake untuk A. Menurut A, milkshake-nya enak dan gak bikin enek, dan untuk dia yang doyan manis, milkshake ini manisnya pas.

 Ketika A hampir menyelesaikan makanannya, datanglah M sekitar pukul 7. Tidak lama kemudian A pulang duluan, sedangkan saya dan M lanjut nongkrong. Saya dan M tertarik dengan promo cocktail buy 1 for 2 (selected cocktails), promo ini berlaku untuk 2 jenis yang sama. Dan akhirnya kami memutuskan untuk memesan Gomma-gomma. Lupa isinya apa, tapi dari sekian menu promo cokctail, katanya yang ini cukup strong dan ada campuran strawberry nya. I let M chose the cocktails. Stelah diminum ya rasanya agak seperti rasa tempra obat penurun panas anak, tp bukan rasa anggur aja. Lalu diberi toping 2 kelopak bunga mawar. Sesaat saya dan M merasa seperti sedang kencan late valentine :p

Gomma-gomma (promo 150k for 2)

Tidak terasa dari sejak A pulang sekitar pukul 8, begitu melirik jam sudah sekitar pukul 10. All tables were full, bahkan ada yg sampai minta kursi tambahan saking penuhnya. M kemudian memesan lagi Smirnoff (single).
Smirnoff (65k)
We left around 12AM after all the glass empty, and yet the restaurant was still packed. What a hype place ya?
After all, for me, they have a wide selection for the menus, a good deal for such generous portion, a great place to hang out. If you want to avoid the noise, come before 8PM. Semakin malam semakin berisik, apalagi dengan adanya DJ yang memainkan musik untuk "warming up" buat mereka-mereka yang mau melanjutkan ke club-club sekitaran :p
i will definitely come back for their al salmone pasta, my friend said it was really good.


Parc 19
Jl. Taman Kemang Raya No.19
Mampang Perapatan
Jakarta Selatan – 12310
Phone: (021) 7199988

Monday, May 13, 2013

Canteen, Plaza Indonesia

(This is a pending review since 3 weeks ago.)

Me and my friend, W, decided to meet at Plaza Indonesia after work. Unfortunately it was raining hard and so it was so hard to get the transportation. I waited almost 45minutes just to get angkot from ITC Ambasador. Then i decided to take ojek to the busway station and took busway to avoid traffic around Bunderan HI. And finally i arrived around 7PM at Plaza Indonesia, met W at the bus stop in front of Plaza Indonesia and went straight to Canteen, since we both so hungry.

You can access Canteen by passing through Zenbu or aksara. By the time we arrived, the restaurant was packed but we still managed to get a table. The dining area seperated into 2 areas, smoking and no smoking, but located side-by-side. They offer quite a wide selection of food and beverages. There are appetizer, salad, pasta, steak, rice, soup, dessert, mocktail, cocktail, tea, etc). And they have cocktail promo, buy 1 for 2, but we're not in the mood for cocktails.

After browsed the menu for a while, we ordered:

Seafood Ravioli with Beurre Noisette accompanied with Coke (20k) for W, and

Seafood Ravioli (75k)

Salmon Linguini accompanied with Peach Ice Tea for me

Salmon Linguini (75k)


This dish taste ok, but nothing special. The cream sauce was creamy enough, al dente pasta with chopped almond, smoke salmon, and grilled zucchini 
Peach Ice Tea (35k)
Peach Ice Tea served with mint leaves and basil seeds (selasih)

This was my second visit, and even after this visit, for me Canteen is a good place to hangout and have a couple drinks, but still not a place to eat (pricey 'ok but nothing special" food). Or maybe it was just my bad lucks, picking wrong menus? Well then, i hope the next time, i will be lucky

Canteen
Plaza Indonesia
5th Floor #E02-E10
Phone number: +62-21 315 6537
Fax: +62-21 319 01149

In Pacific Place:
4th Floor SCBD
Phone number: +62-21 579 73742
Fax: +62-21 579 73754

Website: http://www.canteenjakarta.com/
Twitter : @canteenjakarta
Price : $$$ ( Expensive )